Cara Cek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan

Posted on

Divine-styler.com|| Hallo gaes kembali lagi bersama admin yang baik hati. Pada pembahasan kali ini admin akan memberikan tutorial tentang Cara Cek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan.

Setiap perusahaan yang telah berdiri sebagai badan hukum di Indonesia pastinya harus diwajibkan untuk mendaftarkan semua karyawannya sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan.

Pada umumnya iuran peserta tersebut akan dipotong dari gaji karyawannya tersebut yang sudah diterima setiap bulannya. Dan karena pemotongan gaji tersebut, pihak HRD kantor tentunya akan membuatkan sebuah rincian serta pembayaran iuran BPJS ketenagakerjaan.

Iuran yang telah dibayarkan kedalam BPJS ketenagakerjaan tersebut meliputi berbagai macam jenis perlindungan karyawan contohnya seperti jaminan pensiun, jaminan kematian, jaminan kehilangan pekerjaan, serta jaminan kecelakan dalam bekerja.

Ketika masih tercatat sebagai karyawan dari suatu perusahaan, maka mereka akan merasakan manfaat jaminan sewaktu kecelakaan ditempat kerja.

Jaminan yang akan diberikan oleh perusahaan biasanya meliputi biaya rawat jalan serta inap dan juga nominal gaji selama pekerja tidak masuk kerja karena kecelakaan kerja.

Namun apabila kalian tidak mengalami hal-hal diatas, kalian bisa merasakan manfaat dari BPJS ketenagakerjaan tersebut dengan cara mencairkannya.

Apabila kalian belum mengetahui bagaimana cara untuk mencairkannya maka dalam artikel ini admin akan memberikan caranya kepada kalian semua.

Baca juga:

Spesifikasi Dan Harga Redmi Note 9 Pro 2021

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online

Cara yang sering dilakukan dalam mengecek saldo BPJS pastinya dengan cara mendatangi kantor BPJS ketenagakerjaan setempat.

Namun kalian juga dapat mengecek saldo BPJS tersebut dengan cara cek saldo secara online. Nah sob kalian bisa mengecek saldo secara online tersebut dengan cara menggunakan SMS. Berikut ini caranya:

  • Pertama daftar(Spasi) lalu ketikan SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL kemudian kirim ke 2757
  • Setelah kalian berhasil mendaftar, kalian bisa mengirim pesan dengan format SALDO (spasi) no peserta kalian lalu kirim pesan tersebut ke 2757.

Cara melakukan pencairan saldo BPJS ketenagakerjaan

Sebelum kalian melakukan pencairan, kalian diharuskan membuktikan keanggotaan yang masih aktif walaupun sudah tidak bekerja lagi di suatu perusahaan yang sudah mendaftarkan sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan. Nah sesudah itu barulah peserta kalian bisa mengajukan pencairan Saldo tersebut.

Berikut ini langkah-langkah untuk cek status BPJS ketenagakerjaan serta syarat-syarat yang dibutuhkan untuk pencairan BPJS ketenagakerjaan.

Cara cek BPJS ketenagakerjaan yang masih aktif atau tidak

  • Pertama lalukan pendaftaran melalui http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Lalu pilih menu registrasi akun
  • Setelah itu akan muncul halaman registrasi. Kalian tinggal mengisi formulir yang sudah disiapkan
  • Selanjutnya kalian akan mendapatkan PIN yang akan dikirim melalui e-mail serta SMS yang akan masuk kedalam ponsel kalian yang didaftarkan sebagai tanda bahwa registrasi kalian sudah berhasil

Baca juga:

5 Penyedia Asuransi Kesehatan Termurah

Syarat pencairan BPJS ketenagakerjaan

  • Foto peserta BPJS ketenagakerjaan
  • Formulir klaim dana jaminan hari tua
  • Buku tabungan dari rekening yang masih aktif
  • Foto copy kartu keluarga
  • Foto copy KTP
  • Foto copy kartu peserta tenaga kerja asli
  • Foto copy keterangan pemberhentian bekerja dari perusahaan.

Nah, itulah Cara Cek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan, Cara cek BPJS ketenagakerjaan yang masih aktif atau tidak serta Syarat pencairan BPJS ketenagakerjaan kalian bisa mencobanya menggunakan langkah-langkah diatas.

Akhir kata

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan tentang Cara Cek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *