Cara Membuat Server Sendiri Untuk Web Hosting

Posted on

Divine-styler.com|| Hallo Good People jumpa lagi bersama admin yang selalu memberikan informasi-informasi bermanfaat untuk anda semua. Pada pembahasan kami ini kami akan mengulas tentang Cara Membuat Server Sendiri Untuk Web Hosting.

Apakah Anda ingin tahu cara membuat server sendiri di rumah untuk web hosting? Menariknya, sangat mudah dilakukan. Tetapi jika Anda seorang pemula, mungkin agak sulit bagi Anda.

Namun, kami akan mencoba menunjukkan kepada Anda cara membuat server Anda sendiri untuk meng-host situs Anda sendiri di posting ini.

Kami akan menjelaskan semua metode langkah demi langkah. Sebagai hasilnya, kami berharap ini akan mudah dipahami untuk Anda.

Hal yang Harus Pertimbangkan untuk Membuat Server Sendiri di Rumah:

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuat server sendiri.

Apakah Anda Memiliki Sumber Daya?

Singkatnya, Anda akan memerlukan komputer dengan koneksi internet berkecepatan tinggi untuk ini. Juga, jika Anda ingin situs web Anda selalu aktif, Anda harus menjalankan PC ini 24 jam sehari tanpa gangguan. Semakin baik konfigurasi PC Anda, semakin baik kinerja situs web Anda. Berikut adalah persyaratan minimum server.

Persyaratan Sistem Minimum:

  • Penyimpanan: Setidaknya 60 GB HDD/SSD
  • RAM: 2 GB
  • CPU: CPU setara Dual Core apa pun dengan kecepatan clock setidaknya 2,00 GHz
  • Sistem Operasi : Windows atau Linux OS
  • Koneksi Internet Berkecepatan Tinggi

Sekarang, Anda jelas dapat menggunakan sistem kelas bawah untuk meng-host server Anda. Tetapi jika Anda menginginkan kinerja terbaik dari situs web Anda, Anda harus menggunakan sistem yang kuat.

Berikut ini 4 cara mudah Membuat Server Sendiri Untuk Web Hosting yang bisa kalian lakukan di rumah.

1. Instal Web Stack

Jadi apa itu Web Stack? Apa fungsinya? Sederhananya, Anda akan memerlukan beberapa perangkat lunak untuk memulai server web Anda sendiri.

Ada banyak sekali jenis software yang bisa Anda gunakan. Tapi setidaknya, Anda akan membutuhkan OS (Operating System), perangkat lunak Database, Script interpreter, dan server Web untuk mengembangkan situs web Anda.

Ada berbagai Web Stack yang tersedia untuk diunduh seperti Bitnami, WampServer, MAMP, dan banyak lagi. Jadi, Anda dapat menggunakan salah satu yang paling Anda sukai.

Saat ini, server Apache adalah salah satu protokol paling populer untuk hosting situs web. Jadi, kita akan menggunakan web stack yang memiliki server Apache di dalamnya.

2. Unggah File dan Konten ke Server Anda

Sekarang, buka browser web favorit Anda di komputer Anda dan kunjungi alamat ini ‘ http://localhost ‘ . Dari halaman baru, klik folder ‘/www’ . Semua file situs web Anda akan berada di lokasi ini.

Anda dapat mengunggah file ke folder ini. Dan, Anda juga dapat membuat folder baru dan mengatur semua folder sesuai keinginan Anda.

Sekarang, jika Anda telah mengembangkan situs web Anda. Kemudian Anda dapat mengunggah semua file itu di folder ‘/ www’ .

3. Buat Database MySQL

Bisanya jika Anda mengembangkan situs web menggunakan sistem manajemen konten seperti WordPress , Joomla , Drupal , dll. Anda perlu membuat database MySQL di server Anda sendiri.

Ada banyak cara untuk membuat database MySQL baru. Namun, itu semua tergantung pada tumpukan web yang Anda gunakan.

Misalnya, Anda dapat pergi ke menu utama server Anda dan kemudian klik opsi ‘phpMyAdmin’ dari sana. Selanjutnya, Anda harus login. Jadi, ketik ‘root’ di kotak ‘username’ dan kotak password harus kosong.

Sekarang, Anda akan berada di menu ‘phpMyAdmin’ . Dari sana Anda dapat dengan mudah membuat database baru. Anda juga dapat menyesuaikan atau mengedit database MySQL lama dari sana.

Hal lain yang perlu diperhatikan, jika Anda telah menginstal CMS (seperti WordPress) di server web Anda, maka database MySQL akan dibuat secara otomatis.

4. Dapatkan Nama Domain untuk Situs Anda

Saat ini, Anda hanya dapat mengakses situs Anda menggunakan alamat IP seperti ‘128.0.3.1’ . Tetapi Anda tahu bahwa mengakses situs menggunakan alamat IP bukanlah hal yang biasa. Akibatnya, biasanya, kami menggunakan nama domain untuk situs kami.

Tapi bagaimana Anda menemukan nama domain?

Menariknya, ada banyak situs web yang menjual nama domain dengan harga beberapa dolar. Jadi, Anda dapat membeli nama domain Anda dari situs tersebut.

Kesimpulan

Jika Anda telah mengikuti postingan di atas, seharusnya cukup jelas bahwa jika Anda tidak paham teknologi, maka akan sangat sulit untuk membuat server Anda sendiri untuk meng-hosting situs Anda. Plus, Anda harus menanggung biaya komputer Anda berjalan selama 24 jam terus-menerus.

Dan, jika banyak pengunjung mengunjungi situs Anda, Anda akan memerlukan koneksi internet kelas atas dengan kecepatan unggah dan unduh yang tinggi. Selain itu, Anda harus mengelola semuanya mulai dari backend hingga frontend server dan situs web Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *