Control Panel Hosting: Pengertian dan Fungsi

Posted on

Divine-styler.com|| Jika anda saat ini sedang mencari-cari informasi mengenai Control Panel Hosting: Pengertian dan Fungsi, maka simak penjelasannya dibawah ini.

Maka dari itu, kami sarankan agar kalian menyimak penjelasan artikel ini sampai tuntas dan jangan sampai anda semua meninggalkan artikel kami.

Karena dalam artikel yang akan kami bahas kali ini akan memberikan seputar informasi mengenai Control Panel Hosting. tanpa berlama-lama lagi, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu Control Panel Hosting

Panel kontrol hosting web adalah antarmuka pengguna grafis (atau, dalam beberapa kasus, antarmuka berbasis web), yang dapat diakses secara online dan menyediakan alat untuk mengelola situs web, akun hosting web, dan terkadang server.

Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mengakses panel kontrol Anda melalui browser web, meskipun hal ini kadang-kadang dapat bervariasi.

Hampir setiap perusahaan hosting memiliki panel kontrol, dan beberapa menawarkan pilihan panel kontrol. Ini adalah bagian yang paling terlihat dari paket hosting web, dan fitur serta fungsinya akan sangat menentukan kualitas pengalaman Anda sebagai pelanggan hosting web.

Mengelola layanan web yang ditawarkan oleh penyedia hosting biasanya membutuhkan pengetahuan sysadmin yang luas, termasuk kemampuan untuk mengontrol layanan server melalui CLI.

Untuk beberapa ahli, ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengelola server. Tetapi untuk sebagian besar admin sistem, panel kontrol dengan GUI menyajikan cara yang jauh lebih mudah untuk mengelola dan memantau semua layanan yang dihosting yang Anda gunakan.

Ini memperlancar cara Anda mengelola layanan – baik itu hosting web, kotak surat, database server, setelan DNS, dan lainnya. Pemantauan adalah fungsi panel kontrol penting lainnya. Dan panel kontrol hosting yang lebih baik akan menawarkan Anda cara untuk tetap mengikuti penggunaan CPU, memori, dan bandwidth.

Keunggulan dan fungsionalitas panel akan bervariasi. Tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah GUI yang ramah pengguna, kemampuan untuk menjalankan pekerjaan Cron, serta fitur keamanan tingkat lanjut. Mari kita lihat seperti apa panel kontrol Anda berikutnya, apa yang diharapkan, dan apa yang tidak boleh Anda setujui.

READ: Cara Menganalisis Kinerja Keuangan dalam Properti Investasi

Elemen dasar Panel Kontrol

Secara efektif mengambil alih lingkungan hosting situs web dan pastikan panel kontrol situs web yang Anda pilih menawarkan fungsi dasar penting berikut.

Manajemen Domain dan DNS

Anda bergantung pada domain untuk mengakses sumber daya situs web. Oleh karena itu, panel kontrol Anda harus memiliki bagian yang memungkinkan Anda mengelola segala sesuatu tentang domain yang Anda hosting di server Anda. Ini termasuk add-on dan subdomain baru, atau mengelola yang sudah ada.

Subdomain

Subdomain memungkinkan Anda membuat area situs web terpisah atau situs web yang sama sekali baru. Semua saat masih menggunakan nama domain utama Anda.

Jadi, akan berguna untuk menambahkan awalan ke nama domain situs web Anda, seperti support.domain.com. Panel kontrol Anda harus memungkinkan Anda membuat subdomain sebanyak yang Anda butuhkan. Kekuatan itu milikmu!

Domain Tambahan

Sebagian besar panel kontrol akan memberi Anda opsi untuk menambahkan sejumlah domain ke lingkungan hosting. Anda akan menemukannya sebagai “Domain tambahan”. Sekarang, Anda dapat memilih untuk menetapkan domain tambahan ke situs web tertentu.

Atau Anda cukup memarkirnya jika saat ini Anda tidak ingin domain mengarah ke situs web mana pun. Perhatikan bahwa domain terparkir dapat mengarah ke situs web yang ada.Jadi dalam hal ini, setiap permintaan untuk domain tersebut hanya dialihkan ke situs web lain pilihan Anda.

READ: Sistem Perdagangan Forex Yang Baik dan Buruk

Manajemen DNS

Bisakah Anda bayangkan jika semua data DNS Anda tersebar? Anda biasanya dapat meng-host semua data DNS untuk domain di lingkungan hosting Anda sendiri.

Termasuk seluruh rentang data DNS, seperti server nama dan data A, data MX, dan data TXT. Panel kontrol hosting yang tepat untuk Anda akan memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menyesuaikan DNS untuk setiap domain tambahan yang Anda host.

Manajer File

Organisasi adalah kuncinya. Bagaimana Anda bisa melacak semua file Anda di server Anda? Anda memerlukan cara mudah untuk mengunggah, menghapus, dan mengelola file-file ini.

Jadi panel kontrol Anda harus menyajikan GUI yang memungkinkan manajemen file cepat dan mudah. Semakin sederhana, semakin baik.

Karena apakah Anda menggunakan CMS seperti WordPress atau tidak, manajemen file adalah tugas harian dasar bagi admin. Memecahkan masalah CMS juga jauh lebih cepat dengan pengelola file.

Ada alternatif – masukkan FTP (File Transfer Protocol), masih didukung oleh sebagian besar panel kontrol, jujur. Tetapi FTP memerlukan penggunaan aplikasi perangkat lunak terpisah yang harus Anda atur di samping.

Manajemen Kotak Surat

Anda akan memiliki beberapa akun email (juga dikenal sebagai kotak surat) yang terkait dengan setiap domain. Panel kontrol Anda harus datang untuk menyelamatkan di sini juga dengan membiarkan Anda membuat, menghapus, dan mengelola akun ini. Paket web hosting biasanya menyertakan POP3 atau bahkan email IMAP secara gratis.

Penerusan surat adalah fitur penting lainnya yang harus Anda perhatikan. Tidak masalah apakah Anda meneruskan ke akun email internal atau akun email yang dihosting di tempat lain.

Praktik umum lainnya untuk panel kontrol memungkinkan Anda mengonfigurasi solusi anti-SPAM (termasuk DKIM, SPF, dan DMARC ). Berguna karena memungkinkan Anda memantau dan melindungi email masuk dari daftar hitam dan basis data pemfilteran sumber terbuka.

READ: 5 Penyedia Asuransi Kesehatan Termurah

Mengapa harus memiliki Control Panel hosting?

Anda akan menemukan panel kontrol yang disertakan di hampir semua paket hosting. Panel kontrol yang digunakan host Anda sepertinya tidak menjadi faktor terpenting yang Anda pertimbangkan saat memilih host, namun tetap menjadi pertimbangan penting.

Dan seperti halnya produk perangkat lunak apa pun, cara optimal untuk mengevaluasi panel kontrol situs web adalah dengan mengalaminya sendiri.

Sebagian besar panel menawarkan pratinjau online langsung atau uji coba gratis yang membantu Anda mengevaluasi fungsionalitas dan keramahan pengguna GUI. Plesk menawarkan uji coba gratis, jadi saat Anda di sini, periksa dan lihat bagaimana rasanya.

Ada baiknya Anda mencoba dan melakukan tugas rutin yang biasa Anda lakukan dan membandingkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan. Panel kontrol yang memukau secara visual belum tentu merupakan alat yang paling efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *